Sunday, March 23, 2008

The Mystery Light of Marfa,Texas

The Mystery Light of Marfa,Texas




Tahun 1957 merupakan Laporan awal mengenai penampakan Marfa Light,dimana untuk pertama kalinya fenomena misterius yang kerap dipanggil "Ghost Light of Texas" tersebut dimuat sebagai salah satu artikel majalah di Amerika Serikat.
Tetapi,laporan lisan Marfa Light lebih awal sudah dikisahkan oleh Robert Reed Ellison pada tahun 1883.
Menurut Sejarawan,Cecilia Thompson,dalam bukunya "Marfa History and Presidio Country",Mr Ellison memang tidak mencatat kisahnya menyaksikan Marfa Light didalam memoarnya,namun beliau menceritakannya secara lisan kepada anggota keluarganya yang lain.
Laporan mengenai penampakan cahaya pijar misterius dimalam hari setidaknya telah muncul sejak dipermulaan abad-20 lalu dan masih terus berlangsung hingga saat ini.
Laporan-laporan mengenai Marfa Light digambarkan berupa bola cahaya pijar yang melayang-layang diudara dalam posisi yang tidak terlalu tinggi dari permukaan air laut,namun kadang-kadang mereka juga terlihat melayang sangat tinggi diudara.
Cahaya2 yang mereka pancarkan pada umumnya berwarna kuning,jingga,atau merah, namun tidak sedikit pula yang memancarkan cahaya berwarna biru dan hijau.

Dari beberapa laporan,biasanya bola-bola pijar misterius ini muncul secara berpasangan maupun berkelompok,sesekali tubuh mereka sering terlihat saling menyatu satu sama yang lainnya, dan kerap menghilang untuk beberapa saat,lalu kemudian muncul kembali.Pola-pola gerakan mereka juga sangat bervariasi,pada awalnya mungkin mereka terlihat tidak bergerak/statis disuatu tempat saja,kemudian bergerak menyamping dalam kecepatan yang rendah,atau kadang-kadang mereka terlihat melintas secara kilat secara vertikal maupun horisontal.


Para Marfa Light muncul sesekali waktu dan tak dapat diduga-duga,mungkin mereka muncul satu kali dalam kurun waktu dua minggu.Tidak ada laporan penampakan pada siang hari,mereka mucul hanya pada malam hari saja.
Pada umumnya,Marfa Light kerap terlihat disebelah selatan rute 90,lima sampai lima belas mil sebelah timur Marfa,Texas, pada setiap musim dan diberbagai kondisi cuaca.
Hingga saat ini,telah banyak orang yang telah menyaksikannya,dan tanpa tahu sedikitpun mengenai asal-usul mereka yang sebenarnya.

Sebenarnya,fenomena-fenomena misterius seperti ini tidak hanya muncul di kawasan Marfa,Texas, dibeberapa kawasan didunia juga sering terdengar laporan penampakan bola pijar melayang seperti itu.Namun hanya dikawasan Marfa-lah mereka paling kerap dijumpai pada setiap bulannya.
Suatu kawasan di Norwegia sesekali juga sering ditemui fenomena seperti ini,masyarakat sekitar menyebutnya hessdalen Light,begitu pula dikawasan timur laut Australia yang kerap disebut fenomena Min's Light.




Sejumlah proyek penelitian telah dilakukan pada dasawarsa terkahir ini,beberapa dokumentasi video dan fotografis mengenai penampakan Marfia Light telah banyak terkumpul,namun sayangnya sampai sekarang belum ada suatu mufakat yang dicapai dari hasil penelitian.
Keterangan skeptis yang dominan mengatakan bahwa bola pijar tersebut adalah semacam fatamorgana yang disebabkan oleh perbedaan tekanan suhu yang cukup besar diantara lapisan-lapisan udara dingin dan hangat.
Namun perlu diketahui,Marfa Light biasanya kerap muncul diketinggian 4.688 kaki di atas permukaan laut, dan suhu differentials 50-60 derajat dimana tekanan udara pada ketinggian itu tergolong biasa saja.
Ada pula yang mempertahankan sebuah teori yang menyatakan Marfa Light terbentuk diakibatkan oleh gejala yang terjadi secara alami, yaitu piezoelectric efek, yang ditemukan oleh Pierre Curie pada tahun 1883.



Salam,
Dipta


http://ada-1.blogspot.com


No comments: